Pemilihan Bak Fiber Sebagai Media Pembesaran Ikan




bak fiberglass filter ikan koi
bak fiberglass filter ikan koi

Bagi Anda yang sedang atau baru mau berkecimpung dalam bisnis basah seperti perikanan, berikut ini merupakan salah satu ulasan mengenai tips memilih media pembesaran ikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Media dalam pemeliharaan ikan merupakan salah satu komponen utama yang harus benar-benar diperhatikan oleh sang peternak ikan. Sebab media pemeliharaan ikan merupakan habitat ikan, yang mana dapat sangat mempengaruhi mengenai hasil dari pembesaran ikan itu sendiri. Ikan bisa saja kuntet/kecil, atau sangat besar, padat berisi, kurus, dll salah satu faktor penting yang mempengaruhi hal tersebut adalah media tempat pemeliharaan ikan.




Bicara mengenai media pembesaran ikan, ada banyak media yang dapat dijadikan alternatif dalam memelihara ikan. Diantaranya adalah langsung di alam atau yang biasa disebut dengan nama empang! atau melalui media pemeliharaan khusus seperti kolam beton, terpal, akuarium kaca, dan bak fiber.

Dari berbagai macam jenis media pemeliharaan ikan tersebut, kali ini kita akan membahas mengenai bak fiber. Bak fiber sebagai media pemebesaran ikan. Memang apa sih kelebihan dari bak fiber ini? Berikut ini adalah ulasannya:

Kelebihan bak fiberglass sebagai media pemeliharaan ikan:

Mengapa Anda harus memilih bak fiber sebagai media pemeliharaan ikan? Berikut ini adalah kelebihan dari bak fiber:

  1. Mudah untuk dipindah-pindah (portability)
  2. Mudah untuk dibersihkan
  3. Mudah untuk pengurasan
  4. Mudah disesuaikan dengan luas lahan yang ada
  5. Awet dan tahan lama
  6. Bisa dijual kembali

Bak fiberglass mudah untuk dipindah-pindah. Layaknya wadah seperti ember, bak fiber sangat mudah untuk dipindah dan diatur sesuai dengan keingin kita dalam waktu yang temporer. Jika pada suatu saat kita ingin memindahkan bak fiber, karena tempat yang kita pakai adalah tempat orang lain yang sifatnya sewa, maka kita dengan mudah tinggal mengangkut bak fiber tersebut, kemudian memindahkan ke tempat yang baru. Bayangkan jika terjadi hal ini pada kolam beton, maka yang ada hanyalah tinggal mengikhlaskan saja atas kolam beton yang sudah kita buat.

Selain mudah untuk dipindah-pindah, bak fiber juga mudah untuk dibersihkan. Kendala dari kolam lainnya adalah membersihkan masalah lumut yang menempel di dinding kolam. Dengan bak fiber, kendala mengenai hal ini dapat diatasi dengan mudah. Cukup dengan menyiramnya dengan sabun pembersih lantai dsb, maka dengan sendirinya kerak atau lumut yang ada akan rontok. Membersihkan seperti halnya membersihkan ember!

Sebelum dibersihkan pastinya kita harus terlebih dahulu melakukan pengurasan bukan? Nah, bak fiber sangat mudah untuk dikuras. Dengan menggunakan skema fisika dasar yaitu tentang bejana berhubungan, maka cukup dengan mengangkat outlet pipa yang ada di luar bak dengan sendirinya air akan keluar terkuras. Kita tidak usah ribet-ribet untuk mengurasnya menggunakan ciduk gayung / ember / atau lainnya.

Bagi Anda yang ingin berternak ikan di lahan yang sempit, Anda tidak perlu khawatir! Dengan bak fiber, Anda dapat mengembangbiakkan ikan di lahan yang sempit. Ditambah dengan sistem perikanan modern dengan teknik boster, Anda dapat melakukan intensifikasi lahan dengan menghasilkan ikan yang berkualitas dengan jumlah yang juga tidak sedikit. Bak fiber dapat disesuaikan dengan lahan yang ada.

Kemudian mengenai tingkat keawetan, jangan ditanya lagi. Bak fiber merupakan salah satu media yang sangat rekomended untuk hal ini! Bak fiber dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, lebih dari 10 tahun! Jika kita bandingkan dengan menggunakan kolam terpal, sangatlah berbeda. Memang diakui bahwa perbedaan ini sangatlah mencolok dari segi investasi awalnya. Namun dengan perhitungan investasi yang cukup dengan sekali, dibandingkan dengan peremajaan kembali kolam terpal, maka Anda akan memperoleh hasil akhir dimana kolam fiber lebih memberikan biaya yang efisien dalam jangka panjang.

Ini adalah salah satu strategi berjaga-jaga. Bilamana terjadi chaos akan usaha Anda di bidang perikanan ini, kemudian Anda ingin alih investasi di bidang lain. Anda tidak perlu khawatir. Investasi Anda yang sudah tertanam khususnya untuk media kolam fiberglass dapat Anda konversi lagi menjadi uang yang dapat digunakan untuk investasi usaha berikutnya. Dengan banyaknya petani ikan, penjualan kembali bak fiber juga terbilang cukup likuid atau mudah dan cepat terjual dalam jangka pendek. Jika Anda terburu-buru dan membutuhkan dana segar dalam waktu dekat, Anda bisa mencoba untuk menjual bak fiber tersebut ke pedagang / produsen bak fiberglass.

Jika Anda tertarik dengan bak fiber, Anda bisa menghubungi kami. Informasi mengenai kontak, silakan klik halaman berikut ini –> kontak kami.




Dayana Fish Pond

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *