Filter Kolam Ikan Koi Murah




bak fiberglass filter ikan koi
Bak fiberglass filter ikan koi

Sebagai pemelihara ikan yang baik, salah satunya adalah dengan menjaga kolam ikan agar senantiasa bersih. Karena kolam ikan yang kotor bisa membuat ikan mudah terserang penyakit. Biasanya kolam ikan yang kotor disebabkan oleh tidak menggunakan sistem filter air yang baik. Serangan penyakit ikan koi sebagai akibat dari tidak bersihnya kolam yang fatal adalah memudarnya keindahan dari warna ikan koi tersebut. Selain itu juga ikan koi bisa menjadi cacat. Dan berakhir pada kematian.

Berikut ini kami coba mengulas mengenai bagaimana sebaiknya kita melakukan pemeliharaan ikan koi, dengan memperhatikan media pemeliharaan yaitu filter kolam.




Prinsip dasar filter kolam ikan

Pada prinsipnya, filter kolam ikan digunakan dengan tujuan sirkulasi air yang pada akhirnya adalah untuk menjaga supply oksigen di dalam media kolam. Hal ini merupakan prinsip alamiah yang bisa kita pelajari dari alam, yaitu bagaimana air di sungai senantiasa mengalir dan membuat air terus menerus jernih. Dari situ ekosistem yang ada di dalamnya terdukung dengan adanya supply oksigen yang berkualitas. Selain dari aliran air, curah hujan serta air terjun juga turun membantu masuknya oksigen ke dalam air. Pada kolam buatan, hal ini dilakukan dengan mengupayakan agar oksigen yang ada di dalam air kolam memenuhi jumlah minimun yang ideal atau cukup.

Oksigen diperlukan dalam proses pencernaan ikan koi. Adapun dari hasil pengeluaran pencernaan ikan koi tersebut adalah zat amonia yang keluar lewat kotoran ikan. Selain itu hal yang bisa menghasilkan amonia adalah sisa-sisa makanan. Zat amonia tersebut bersifat racun bagi ikan, sehingga hal ini harus segera dikeluarkan dari dalam kolam ikan. Jika kita membahas mengenai zat amonia yang ada di alam, di alam proses filterisasi sudah dilakukan secara otomatis (begitulah kuasa Tuhan).

Jika kita membahas mengenai kolam ikan koi buatan, pembuangan amonia dilakukan oleh filter yang dirancang secara khusus. Selain sebagai media pembuangan amonia, filter kolam juga berfungsi menambahkan oksigen, membersihkan air dari karbondioksida, nitrogen, dan partikel padat penyebab air kolam kotor. Pada jenis tertentu, sistem filter berfungsi menyaring pestisida, membersihkan senyawa logam, dan membersihkan zat klorin dari dalam kolam.

Berikut ini merupakan jenis-jenis filter kolam ikan koi

Secara umum, jenis filter kolam ikan terdiri atas dua hal:

  1. Filter mekanik
  2. Filter biologis

Dalam banyak kolam, untuk mendapatkan hasil secara lebih optimal, yaitu air lebih sehat, jernih dan bening, digunakanlah gabungan kedua filter tersebut dalam kolam koi.

Filter mekanik

Prinsip kerja filter mekanik adalah dengan cara mengalirkan air pada ruangan atau wadah yang didalamnya telah disediakan bahan untuk filter. Media penyaring dapat berupa serbut, kerikil, pasir, saringan sieve, jap-matt, busa/foam, kapas, atau bahan sikat. Selain itu metode lain dari filter mekanik adalah dengan mengalirkan air ke ruang terpisah sehingga partikal kotoran dapat mengendap di bagian bawah. Ada juga sistem yang menggunakan siklon, atau unit vortex, sedemikian rupa sehingga air dapat berputar dan zat padat dapat terkumpul di bagian tengahnya, sehingga endapan dapat dibuang pada proses selanjutnya.

Filter Biologis

Beda halnya dengan filter mekanik, prinsipnya, filter biologis menggunakan sejenis bakteri tertentu untuk menguraikan bahan kimia beracun di dalam air kolam. Bahan kimia berasal dari kotoran ikan, sisa makanan, atau masuk dalam kolam secara tidak disengaja biasa digunakan sebagai filter biologis.

Filter biologis menggunakan serangkaian proses bertingkat sistem filtrasi dengan bakteri mengikuti siklus nitrogen, yaitu amonia ~> nitrit ~> nitrat.

Proses Filter Biologis

Pada tahap awalnya menggunakan bakteri nitrifying, semacam bakteri Nitrosomonas, untuk mengubah amonia menjadi nitrit. Selanjutnya proses dilanjutkan dengan mengubah nitrit menjadi senyawa nitrat menggunakan bakteri Nitrobacter (bukan mau buat yakult ya! hehe..). Ini adalah bakteri pembersih yang membutuhkan oksigen, sehingga diperlukan ruangan pengendap. Selanjutnya ruangan pengendap berfungsi memisahkan sedimen secara rutin karena sedimen dapat mengurangi jumlah oksigen dalam air.

Bak fiber sebagai media filterisasi kolam ikan koi

Jika jenis-jenis filter ikan koi sudah dibahas di atas, maka hal selanjutnya adalah pembahasan mengenai media yang digunakan sebagai filter itu sendiri. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menjadikan bak fiber sebagai bak filter ikan koi. Hal ini dikarenakan beberapa kelebihan dari bak fiber yaitu dapat dipindah-pindahkan, rapih, mudah dibersihkan, serta sangat cocok sebagai media filter dan perikanan lainnya.

bak fiberglass filter ikan koi
Bak fiberglass filter ikan koi

Jika Anda membutuhkan bak fiber untuk filter ikan koi, Anda bisa menghubungi kami DFP Bak Fiber yang merupakan produsen spesialist di bidang produksi bak fiberglass. Silakan hubungi kami melalui nomor telepon 021-29259585 / 021-29259584 / 08118408787. Informasi lengkap mengenai profil produksi bak fiberglass bisa anda kunjungi di website www.bakfiberglass.com.

 




Dayana Fish Pond

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *