Tips Memilih Kolam Perikanan




bak fiberglass filter ikan koi
bak fiberglass filter ikan koi

Halo sobat pecinta perikanan Indonesia! Kali ini DFP Bak Fiber akan membahas mengenai bagaimana memilih media kolam perikanan. Kolam ikan merupakan tempat hidup sang ikan. Oleh karena itu pemilihan kolam ikan sangat penting bagi Anda yang ingin berternak ikan. Jangan asal membuat kolam ikan saja. Lalu bagaimana tips memilih kolam ikan yang baik? Berikut ini beberapa ulasan mengenai cara-cara memilih kolam ikan yang pas untuk Anda…

Masa Waktu Peruntukan




Sebelum memilih kolam apa yang cocok untuk Anda, terlebih dahulu harus ditanyakan baik-baik dalam diri Anda. Berapa lama Anda ingin benar-benar terjun dalam usaha ini. Apakah selamanya, dalam jangka menengah, atau hanya jangka pendek saja? Hal ini sangat penting dipertimbangkan mengingat investasi kolam merupakan salah satu investasi utama yang sifatnya sangat material atau besar.

Sebenarnya orang usaha adalah dalam time frame jangka panjang. Namun, berdasarkan pengalaman banyak sekali kejadian gagalnya usaha dalam tempo yang sangat cepat. Oleh karena itu, ulasan berikut ini membahas mengenai tindakan preventif jika memang Anda memperkirakan usaha tidak berjalan sebagaimana rencana. Sebelum Anda menelan pil pahit dari kegagalan usaha, ada baiknya Anda mempersiapkan bagaimana strategi exit yang baik dalam sebuah usaha (walaupun kita tidak berharap hal ini). Anda harus benar-benar mempersiapkan segala macam rencana sebelum Anda mengeksekusi rencana Anda tersebut. Salah satunya adalah terkait dengan pemilihan kolam ikan. Media kolam ikan bisa dibuat dari berbagai macam bahan, diantaranya kolam terpal, kolam fiberglass, serta kolam beton.

Sebagai jaga-jaga apabila kita memang tidak mencapai waktu jangka panjang dalam usaha perikanan ini, maka alternatif yang bisa dipilih diantara berbagai bahan material pembuatan kolam ikan antara lain adalah kolam yang terbuat dari bahan terpal dan kolam fiberglass.

Kolam terpal sendiri sejatinya merupakan kolam yang disediakan untuk jangka waktu yang temporer. Jadi bukan merupakan kolam permanen. Sedangkan kolam fiberglass bisa dibilang merupakan kolam permanen. Dari segi investasinya pastinya lebih mahal kolam fiberglass. Tapi dia memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan kolam terpal antara lain adalah kolamnya bisa dijual lagi dan masih memiliki umur manfaat yang relatif panjang. Sedangkan kolam beton sendiri dinilai kurang tepat, karena merupakan kolam yang bersifat sangat permanen yang sama sekali tidak bisa dipindah-pindah. Hanya bisa dipindah dengan pemindahan kepemilikan tanah dan bangunan yang ada di atasnya. Jika memang Anda sudah menjadi perusahaan dalam skala menengah, baru Anda bisa memilih pembuatan kolam permanen yang terbuat dari beton ini.

Biaya Investasi

Bagi Anda yang memiliki budget investasi yang tidak banyak, Anda bisa memilih kolam terpal sebagai media awal. Strategi ini dapat dilakukan untuk meminimalisir investasi jangka panjang, yang sebagian uangnya dapat Anda manfaatkan untuk modal kerja perputaran usaha. Sama halnya dengan prinsip apakah kita harus melakukan sewa tempat atau kita membeli secara KPR atau menyicil tempat tersebut. Dalam kondisi awal usaha, hindari dahulu berhutang yang banyak. Fokus pada penggunaan investasi seminimal mungkin dalam rangka memperbesar kas untuk modal kerja usaha.

Skala Produksi

Selanjutnya Anda harus memperhatikan mengenai skala produksi. Jika memang Anda berproduksi dalam tingkat skala yang besar lebih baik Anda berinvestasi pada kolam fiberglass atau kolam beton. Namun jika kapasitas produksi Anda masih skala kecil, maka lebih baik menggunakan kolam terpal untuk meminimalisir modal kerja Anda di awal.

Demikian tips singkat terkait dengan pemilihan kolam ikan yang tepat bagi Anda. Informasi mengenai kolam fiberglass untuk peternakan ikan dapat Anda cari lagi pada blog ini atau dengan menghubungi kami. Silakan konsultasikan kesulitan dan kebutuhan Anda kepada kami. Kami akan mencoba membantu memberikan solusi yang terbaik.

Alamat Workshop:
DFP Bak Fiber
Kp. Pisangan RT08/04 No. 13
Desa Satria Mekar,
Tambun Utara
Bekasi
Tlpn. 021-29259585
Fax. 021-29259584

Marketing:
Hendra (08118408787)

 




Dayana Fish Pond

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *